Minggu, 17 Januari 2021

Begini Cara Ngetik Pakai Suara di Smartphone


Kamu sering salah ketik saat menggunakan keyboard smartphone? Atau kadang males untuk mengetik? Kini semua keluhan itu ada solusinya, karena kamu bisa mengetik di smartphone hanya dengan suara kamu.

Dua masalah itu memang kerap dialami oleh pengguna smartphone dengan berbagai alasan, misalnya jari tangannya kegedean atau gak terbiasa ngetik di Iayar sentuh. Padahal, mengetik adalah hal penting saat menggunakan smartphone.

Nah, bagi kamu yang sering mengalami kendala seperti tadi, tenang saja karena kita punya trik yang memungkinkan kamu untuk mengetik dengan hanya menggunakan suara tanpa harus mencet-mencet keyboard smartphone.

Fitur Voice Typing di Google Keyboard atau Gboard sebenarnya sudah lama ada, namun belum terlalu populer digunakan. Dengan fitur inilah kamu bisa mengetik dengan cukup akurat hanya dengan menggunakan suara kamu.

Untuk mengetahuinya caranya silahkan simak baik-baik tipsnya.

1. Trik ini membutuhkan aplikasi Google Keyboard, jika kamu sudah memiliki aplikasinya, langsung saja ke langkah selanjutnya. Namun jika belum, download terlebih dahulu Google Keyboard di Google Play Store.

2. Selanjutnya, jadikan Google Keyboard menjadi keyboard utama bagi smartphone kamu, dengan masuk ke Settings > Languages & Input. Di bagian Input Methods, tekan Current Keyboard, pilih Gboard.

3. Masih di bagian Input Methods, tekan Gboard untuk masuk ke pengaturan aplikasi

4. Kemudian, tekan tombol Preferences. dan aktifkan toggle Voice Input Key.

5. Kembali Iagi ke halaman awal pengaturan Gboard, lalu tekan tombol Voice typing.

6. Di bagian Languages, biasanya bahasa default aplikasinya adalah Bahasa English (US), untuk menambahkan bahasa Indonesia, tekan Languages dan pilih Bahasa Indonesia.

7. Jangan Iupa download juga bahasa Indonesia di bagian Offline Speech Recognition.

8. Jangan Iupa juga untuk aktifkan toggle Block Offensive Words untuk mencegah munculnya kata-kata kasar yang mungkin gak sengaja kamu ucapkan.

9. Sekarang, buka aplikasi yang memungkinkan kamu untuk mengetik, misalnya WhatsApp.

10. Saat muncul Gboard, tekan tombol mikrofon di bagian kanan atas keyboard.

11. Kemudian, ucapkan saja kata yang ingin kamu tulis.

12. Otomatis Gboard akan menuliskannya untuk kamu.

13. Sayang, Gboard masih belum mengenali simbol. sehingga Ketika kamu mengucapkan "titik", "Koma", dan lainnya, bukan muncul simbol terkait, melainkan kata-kata yang kamu ucapkan tersebut.

Previous Post
First

0 Comments: